[TERJEMAHAN PENUH] 150824 Wawancara Yoochun dengan Majalah Marie Claire Edisi September 2015 “Selamat Tinggal, Park Yoochun”

Selamat tinggal, Park YooChun

Park YooChun akan meninggalkan kita untuk sementara waktu. Kita tidak bisa bertemu dengannya untuk beberapa waktu.

image

Jadi sembilan tahun yang lalu, aku telah mewawancarai dia dalam media yang berbeda. Ini adalah hari ketika upacara penghargaan diadakan dan mereka menerima penghargaan hadiah utama, aku tidak tahu mungkin hari itu adalah salah satu dari hari-harinya yang terang. Aku ingat dia sebagai  seorang pemuda yang berusia 21 tahun yang penyayang dan segar. Banyak waktu yang telah berlalu dari dia, dan hari ini menjadi saat-saat yang sulit dan bahagia baginya. Dia, adalah seorang penyanyi idola remaja yang bersemangat, masih bernyanyi bahkan sampai sekarang, dan saat ini dia telah memasuki dunia akting. Ia menjadi aktor yang cukup bagus. Dia menyapu semua rookie dari penghargaan tahun ini dengan film perdananya   dimana ia berakting bersama-sama dengan aktor senior yang luar biasa. Dia akan terus seperti itu hingga saat ini. Dan dia akan menghentikan segalanya untuk sementara waktu, saat ini dia sedang mempersiapkan untuk kembali hanya sebagai Park YooChun biasa. Menjadi riang, tidak ada alasan untuk ‘berakhir’. Mengatakan bahwa  dia hanya memainkan babak pertama dan kedua dari kehidupan yang terlalu dini, kedepannya Park YooChun hanya mempersiapkan untuk melakukan lembur yang berikutnya.

image

image

Sekarang hanya ada satu bulan yang tersisa. Sebagian besar dari jadwal resmi telah dilakukan. Sekarang semuanya telah berakhir, apakah kamu merasa membaik?
YC: Aku benar-benar tidak memikirkan itu.

Kamu menangis beberapa waktu yang lalu pada Fanmeeting-mu di Jepang.
YC: Aku menangis bukan karena aku akan pergi wajib militer. Pada hari itu, aku kewalahan dengan emosi karena aku ingat bahwa aku telah bekerja selama lebih dari 10 tahun di Jepang. Sampai saat ini, aku terkejut ketika aku melihat acara fanmeet telah disiapkan, dan apresiasi itu tak berujung memasuki pikiran ku, namun para fans sendiri tampak manis. Jadi, karena itulah air mataku jatuh.

Kamu telah membuat saat-saat terindah dalam hidup mu yang telah menumpuk pada kenangan baik dan sedih. apa kenangan terbaikmu sampai sekarang?
YC: ketika perusahaan baru saja dimulai, kami pergi ke Australia bersama-sama.
Pada waktu itu aku merasa bahwa segala sesuatu tidak ada masalah selama aku bekerja keras. kenangan selama waktu itu benar-benar bagus. Pekerjaan pun sampai sekarang masih menyenangkan. meskipun kami tidak dapat sering melihat/bertemu. tapi hubungan kami tidak akan berubah. Aku memulai debut untuk waktu yang lama, aku harus terlihat dingin dan tetap selalu begitu (t/n: menjadi dingin) untuk formalitas- semua pola hidup ku itu konstan. Sementara itu, aku berpikir bahwa diri ku sendiri telah berantakan sedikit demi sedikit. Sekarang aku telah menemukan diriku yang normal.

Apakah kamu tidak takut bahwa kamu harus menghentikan kegiatan mu untuk sementara waktu?
YC: Aku berpikir beberapa waktu yang lalu bahwa aku ingin berhenti bekerja sekitar 3~4 tahun. aku berpikir bahwa ini mungkin saatnya aku menghentikan kegiatan ku yang akan mengalirkan sisi yang baik bagi ku. (t/n: baik bagi nya)

Apakah kamu membayangkan jika semuanya berhenti?
YC: Tentu saja. Ketika semuanya berhenti, mari kita pergi ke pulau Ibiza! (tertawa) Ada kalanya aku berpikir bahwa aku ingin tinggal dan hidup normal di tempat yang suram ini. Aku membuat hidangan/makanan di rumah dan setelah beberapa waktu, aku akan mengantar anak-anak ke sekolah, mendampingi mereka juga dalam kegiatan olahraga setiap hari- aku ingin kehidupan seperti itu. Seiring dengan berjalannya waktu, aku akan dapat melakukannya secara alami.

image

image

Kamu selalu menjalani kehidupan di mana kamu selalu mendapatkan perhatian. Jika kamu menghentikan kegiatanmu untuk sementara waktu, apakah kamu khawatir jika kamu akan dilupakan?
YC: Bahkan jika aku telah dilupakan, aku pikir itu baik-baik saja. aku memulai debut sebagai penyanyi selama 10 tahunan, ruang kecil atau besar hanya untuk ku dan akan tetap begitu karena aku juga berakting. Seiring waktu, aku pikir itu adalah keegoisan untuk berharap bahwa aku akan diingat. Hal ini sangat alami jika selama waktu itu kamu akan dilupakan.

Kamu telah menerima banyak cinta dan penghargaan seperti tidak ada habisnya. Namun, adakah sesuatu yang kamu sedihkan?
YC: Tidak semuanya. aku tidak pernah sedih sama sekali. aku hidup bahagia pada usiaku. aku  benar-benar tidak serakah. Jika aku serakah, rakus pada ruang penyimpanan di dalam rumah? (tertawa) aku berpikir bahwa sekarang aku telah banyak mencapai impianku dibandingkan dengan apa yang aku impikan ketika aku masih muda. Ketika aku masih muda, selalu ada makanan saat kami membuka lemari es, makan daging, membeli mobil untuk ibu dan adik adalah mimpiku. Semua perhitungan ini ku lakukan.

Kamu memulai debutmu di usia 10 tahunan, sampai 20-an, dan sekarang menjadi 30 tahun. Apa yang telah berubah?
YC: Aku lambat untuk pulih pada hari berikutnya setelah minum. (tertawa) Aku benar-benar banyak minum dalam usia 20-an. Ada sesekali waktu ketika aku telah minum satu kotak Soju setiap hari sekitar 46 hari. Aku hanya menyukai alkohol. Tapi, aku tidak pernah mabuk. Ketika Jaejoong-hyung mendapat liburan beberapa waktu yang lalu, kami pergi minum dan hyung mengatakan bahwa mereka tidur lebih awal di tempat wamil, kamu benar-benar tidak bisa mendengar apa-apa mulai dari pukul 10:00 malam. Meskipun aku suka alkohol, aku juga ingin diam-diam melihat orang-orang berbicara saat mereka minum. Aku merasa aneh saat mendengarkan percakapan orang biasa. ‘Ah, aku memiliki dunia seperti ini,’ ini terasa bagus.

Aku ingin tahu bagaimana tampak Park YooChun ketika minum.
YC: Ketika aku terjebak dengan sesuatu, aku banyak berbicara. Jika ada orang yang melakukan kesalahan, aku menunjukkannya. Ketika aku di antara dua orang yang buruk, aku hanya menempel pada mereka berdua.

image

image

Hingga saat ini, adakah sesuatu yang kamu sedihkan tentang yang tidak pernah kamu lakukan?
YC: Banyak. Pertemuan dengan ayahku sekali lagi dalam hidup ini. Melihat dia ketika dia masih hidup. Aku berpikir seperti itu. Aku menyesal bahwa aku tidak bertemu dengannya karena aku tidak memiliki keberanian untuk melakukannya.

Satu yang benar-benar dinamis di tahun ini untuk Park YooChun. Kamu menerima banyak penghargaan untuk film tahun lalu, reaksi itu juga bagus pada drama , lalu aktivitas kamu akan berhenti di pertengahan tahun ini. Sepertinya orang tidak akan lupa, terutama pada film .


YC: Aku tidak berpikir aku telah melihat film itu lagi. Aktingku benar-benar aneh. Aku mengubah pikiranku ketika aku berpikir untuk menonton sekali lagi beberapa waktu yang lalu dirumahku. Pada karakter ‘Dongshik’ yang ku mainkan di , aku harus mengatakan, itu benar-benar tidak mudah. Aku jelas memiliki pikiran tersendiri di (peran ini), tapi dia adalah karakter yang ambigu dimana aku tidak dapat berakting hanya menggunakan pikiran-pikiran. Sementara itu hidup sebagai Dongshik selama enam bulan, aku membawa diriku sendiri, tapi karena aku terpaksa melakukannya bersama-sama, ada sesuatu yang harus dimasukkan ke dalam karakter. Konsentrasi ku terhela hingga 200% ketika aku sedang syuting . Bahkan saat-saat kami tidak syuting selama enam bulan tidak pernah kembali padaku. Lucunya, ada banyak hal yang aku tidak ingat selama waktu itu. Tampaknya banyak menghilang dalam ingatanku karena aku hidup sepenuhnya sebagai Dongshik.

Kamu juga telah selesai syuting belum lama ini.


YC: hanya ada bagian yang singkat dari ku karena aku adalah seorang aktor tamu. Karena aku tidak tahu apakah aku telah melakukan hal yang ekstrim, aku lebih gugup. Aku ingin membantu bahkan sedikit dalam pekerjaan ini, alasannya adalah aku harus menunjukkan siapa karakterku  bahkan untuk waktu yang singkat. Tapi, baguslah jika itu sebagai pendukung atau peran kecil.

Apakah kamu tidak akrab dengan kehidupan seorang protagonis?
YC: Aku pikir tidak perlu mengambil peran utama. Aku mencoba banyak peran sampai sekarang, jadi aku juga ingin mencoba peran yang belum pernah aku mainkan.

Di sisi lain, aku merasa kamu di banyak memiliki ‘sikap masa bodoh’. Aku tidak pernah berpikir kamu dapat berakting lucu.


YC: Setelah drama berakhir, butuh waktu hampir satu tahun sampai ke . Jadi ketika aku syuting , di awal, aku juga mendapatkan peran yg gila, terganggu dan memberatkan kamera. Aku berpikir  sepertinya aku belum berakting untuk waktu yang lama. Tapi, aku sudah terbiasa untuk itu lagi pada beberapa titik. Berakting dalam tidak memerlukan banyak usaha, jadi itu sangat menyenangkan. Syuting itu benar-benar menyenangkan. Aku mengirim surat kepada Sekyung kemarin. Aku berkata, “Kamu melakukannya dengan baik di My Little. Namamu menjadi trending topik di sosial media untuk waktu yang lama, bukan” (tertawa) Ketika syuting berakhir, sangat baik berada pada kondisi yang bagus dengan aktor yang telah bekerja denganmu. Aku juga selalu memantau Jimin Nuna, dan Wooshik dengan baik. Ini begitu bagus.

image

image

Kamu akan menghentikan aktivitasmu selama lebih dari dua tahun. Apakah ada sesuatu yang ingin kamu hapus setelah waktu itu?
YC: Popularitas. Jujur meskipun aku ​​nyaman menempel pada popularitas, aku ingin membebaskan diri dari kepopuleran sekarang. Aku ingin hidup sementara membuat musik dan berakting hal yang ingin ku lakukan. Sekarang aku hidup seperti itu, tapi seiring berjalannya waktu, karena aku ingin memiliki pengalaman yang lebih dalam, aku akan mengubah lagi hal-hal yang ingin ku lakukan, tidak ada? Untuk melakukan banyak hal, aku juga ingin turun. (t/n: dari popularitas)

Apa ada sesuatu yang ingin kamu lakukan?
YC: Aku ingin berakting dengan baik. Meskipun aku melakukan keduanya akting dan bernyanyi, tampaknya tidak ada yang benar-benar bagus. Aku beruntung hanya dengan kesempatan ini, dan itu terlihat seperti aku melakukannya dengan baik karena usaha yang telah ku buat. Sebagai contoh, ketika aku menangis, saat aku berkonsentrasi, dapat dilihat aku seperti  melakukan akting dengan baik berkat keterlambatanku, namun pada kenyataannya, aku berpikir bahwa aku orang yang tidak baik di hal akting. Suatu hari, aku ingin mencoba karakter yang belum pernah ku coba. Mengatakan, karakter yang sangat biasa. “Turun, aku bisa turun seperti ini,” seolah-olah aku menunjukkan hal seperti ini. Terlepas apakah itu 10 tahun, atau 20 tahun, aku ingin menyelesaikannya dengan baik karena aku akan turun perlahan-lahan. Ketika ada kecelakaan, maka itu berarti aku juga tidak turun? Jika ada satu, aku mungkin bisa turun dalam waktu dua jam. (tertawa)

Dengan hanya beberapa hari yang tersisa sebelum kamu mendaftar wamil, setengah dari hidup mu telah berakhir sekarang?
YC: Ini jelas tampak seperti  menyelesaikan cita-cita sampai pertengahan tahun. Dan, aku pikir itu akan menjadi lembur yang sangat panjang. Aku tidak tahu bahwa aku akan kelelahan karena aku mulai bekerja ketika aku masih muda. Tentu saja, saat-saat ketika aku bekerja itu menyenangkan, tapi mengapa ada hal seperti itu? Ini sama seperti firasat selama waktu berikutnya saat aku menerima sorotan. Mungkin, aku pikir aku berencana untuk berulang kali menemukan sesuatu yang biasa dalam hal untuk mengisi kekosongan itu.

Ini adalah pertanyaan yang terlalu cepat, tapi aku akan menanyakan hal ini. Karena tidak akan ada waktu untuk melakukan wawancara sementara waktu. Apakah kamu pikir kamu akan diingat pada sesuatu yang kamu lakukan tahun ini?
YC: Memenangkan delapan penghargaan? (tertawa) tahun ini, kekuatan para staf dan fans yang membantuku, semua kekuatan diambil dari ku tanpa ada hentinya- sepertinya aku melakukannya dengan bantuan yang diberikan kepadaku. Aku akan dikenang sebagai seseorang yang banyak merasa bersyukur.

Apa yang kamu ingin lakukan sebelum kamu wamil?
YC: Aku ingin makan di rumah.

————

Kami minta maaf jika ada kesalahan kata-kata dalam terjemahan.

Source: Marie Claire Korea
Translated to english:  paulisteu
Translated to Indonesian: PYC_INA
Shared by: PYC_INA

Leave a Reply

